Inilah Beberapa Bentuk Latihan Fisik Bola Voli Yang Patut Dicontoh

Inilah Beberapa Bentuk Latihan Fisik Bola Voli Yang Patut Dicontoh - Berjumpa lagi bersama Volleyball Nusantara sebuah situs yang selalyu memberikan berita terhangat dan paling update seputar dunia volleyball. Selain perlu menguasai berbagai teknik dasar bola voli, seorang pemain bola voli juga harus melakukan latihan fisik secara konsisten dan bertahap. Seorang pemain bola voli harus selalu melatih otot-otot tubuh seperti otot lengan, otot kaki, dan otot perut. Hal ini akan menjadi salah satu penunjang bagi seseorang untuk dapat menjadi seorang pemain bola voli yang hebat. 

Inilah Beberapa Bentuk Latihan Fisik Bola Voli Yang Patut Dicontoh
Inilah Beberapa Bentuk Latihan Fisik Bola Voli Yang Patut Dicontoh

Di artikel ini, Volleyball Nusantara akan membahas tentang beberapa macam bentuk latihan yang bisa meningkatkan kekuatan seorang pemain bola voli secara khusus. Berikut ini 8 macam bentuk latihan fisik dalam permainan bola voli yang mesti dijalani oleh seseorang yang ingin menjadi pemain bola voli yang hebat. Di antaranya adalah: 

Inilah Beberapa Bentuk Latihan Fisik Bola Voli Yang Patut Dicontoh : 


1. Latihan otot lengan (push up) 


Tujuan dari melakukan push up ini adalah untuk melatih kekuatan otot lengan. Berikut cara melakukannya: Tidur telungkup, kedua kaki rapat dan diluruskan ke belakang dengan ujung kaki bertumpu di lantai. Kedua telapak tangan menapak di lantai (samping dada), jari-jari tangan menghadap ke depan, dan siku ditekuk. Angkat badan ke atas sampai kedua tangan lurus, sementara posisi kepala, badan, dan kaki berada di dalam satu garis lurus. Turunkan tubuh kembali dengan cara menekuk lengan, sementara posisi kepala, badan, dan kaki tetap lurus dan tidak menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sampai dirasa tidak kuat lagi. BACA JUGA Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia dan Indonesia yang Belum Kamu Tahu 

2. Latihan otot perut (sit up) 


Tujuan dari melakukan sit up ini adalah untuk melatih kekuatan otot lengan dan bahu. Berikut cara melakukannya: Sikap awal adalah tidur terlentang, kedua lutut ditekuk, jari-jari tangan berkaitan di belakang kepala, dan pergelangan kaki dipegang oleh teman. Badan diangkat ke atas sampai posisi duduk, kedua tangan tetap berada di belakang kepala. Turunkan badan kembali ke sikap awal. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sebanyak mungkin. 

3. Latihan otot punggung (back up) 


Tujuan dari melakukan back up ini adalah untuk melatih kekuatan otot punggung. Berikut cara melakukannya: Sikap awal adalah tidur telungkup, rapatkan kedua kaki dan luruskan ke belakang, kedua tangan dengan jari-jari tangan berkaitan dan diletakkan di belakang kepala, sedangkan pergelangan kaki dipegang oleh teman. Angkat badan ke atas hingga posisi dada dan perut tidak lagi menyentuh lantai, dengan kedua tangan tetap berada di belakang kepala. Turunkan kembali badan ke sikap awal. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sebanyak mungkin. 

4. Latihan kelenturan leher secara dinamis 


Tujuan dari melakukan ini adalah untuk melatih kelenturan otot-otot leher. Cara melakukannya adalah: Miringkan kepala ke samping kanan dan kiri, sentuhkan telinga kiri ke bahu kiri dan telinga kanan ke bahu kanan, dan lakukan gerakan ini sebanyak 2 x 8 hitungan. Gerakkan kepala menunduk ke depan, dagu menyentuh dada, dan gerakkan kebelakang hingga menengadah. Lakukan gerakan ini dengan 2 x 8 hitungan. Tengokkan kepala ke kanan dan ke kiri, dan lakukan sebanyak 2 x 8 hitungan. Putar kepala ke samping kiri dan kanan. Satu putaran 4 hitungan lakukan gerakan sebanyak 2 x 8 hitungan. 

5. Latihan kelenturan sendi bahu secara dinamis 


 Tujuan dari melakukan ini adalah untuk melatih persendian dan otot bahu serta meluaskan gerakan bahu. Cara melakukannya adalah: Pertama, berdiri tegak, kedua kaki dibuka selebar bahu, dan kedua tangan disamping badan. Kemudian rentangkan kedua tangan lurus ke samping, lalu putarlah kedua lengan tersebut dari mulai putaran perlahan-lahan kemudian cepat dan putaran dari kecil kemudian membesar. Gerakan ini dilakukan mulai dari gerakan memutar lengan kearah kanan sebanyak 8 hitungan, kemudian dilanjutkan dengan gerakan memutar lengan ke arah kiri sebanyak 8 hitungan. BACA JUGA Tips / Cara Memilih Sepatu Bola Voli yang Bagus 

6. Latihan kelenturan batang tubuh secara dinamis 


Tujuan dari melakukan ini adalah untuk melatih kelenturan otot-otot batang tubuh. Cara melakukannya adalah: Letakkan tangan di pinggang, kemudian bengkokkan badan ke samping kanan dan kiri sebanyak 8 hitungan. Tangan di atas kepala, telapak tangan rapat, lengan lurus, bengkokkan badan ke samping kiri dan sebanyak 2 x 8 hitungan. Letakkan tangan di pinggang dan putar ke kanan dan kiri sebanyak 2 x 8 hitungan. Tangan di atas kepala, telapak tangan rapat, lengan lurus, putar ke kiri dan kanan dengan 2 x 8 hitungan. 

7. Kecepatan (speed) 


Kecepatan ialah kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan berkesinambungan dengan bentuk yang sama dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kecepatan sangatlah dibutuhkan dalam berbagai olahraga yang sangat mengandalkan kecepatan, seperti lari pendek 100 meter dan lari pendek 200 meter. Kecepatan dalam hal ini lebih mengarah kepada kecepatan otot tungkai dalam bekerja. Contoh latihannya adalah: lari cepat 50 meter lari cepat 100 meter lari cepat 200 meter Latihan Daya Tahan 


8. Daya tahan (endurance) 


Daya tahan adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru, dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus. Dengan kata lain berhubungan dengan sistem aerobik dalam proses pemenuhan energi-nya. Latihan untuk melatih daya tahan adalah kebalikan dari latihan kekuatan. Daya tahan dapat dilatih dengan beban rendah atau kecil, namun dengan frekuensi yang banyak dan dalam durasi waktu yang lama. Contoh latihan untuk daya tahan: lari 2,4 km lari 12 menit lari multistage angkat beban dengan berat yang ringan namun dengan repetisi dan set yang banyak lari naik turun bukit BACA JUGA Macam-macam Posisi Pemain Bola Voli Beserta Gambar dan Tugasnya 

Itulah 8 bentuk latihan fisik dalam permainan bola voli yang dapat Volleyball Nusantara sampaikan. Kalau menurut kamu ada yang perlu ditambahkan atau ditanyakan, silahkan berkomentar dengan baik di kolom komentar di bawah. Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman kamu agar mereka juga mengetahui informasi ini. Sekian, salam olahraga!

0 Response to "Inilah Beberapa Bentuk Latihan Fisik Bola Voli Yang Patut Dicontoh"

Posting Komentar