Tips dan Rahasia Cara Mudah Melatih Tosser Bola Voli Agar Sukses

Tips dan Rahasia Cara Mudah Melatih Tosser Bola Voli Agar Sukses - Volleyball Nusantara -  Tosser merupakan bagian paling terpenting dalam sebuah permainan bola voli, tosser merupakan otak serangan dalam sebuah tim, pengatur irama dalam merancang sebuah serangan dan tosser juga menentukan sebuah keberhasilan dalam sukses penyerangan permainan bola  voli. sebelum membahas Tips dan Rahasia Cara Mudah Melatih Tosser Bola Voli Agar Sukses, ada baiknya sobat mengetahui dulu bagaimana tipikal dan tehnik dasar yang harus dimiliki oleh seorang tosser, berikut dibawah ini adalah beberapa kiatnya :

Tips dan Rahasia Cara Mudah Melatih Tosser Bola Voli Agar Sukses
Tips dan Rahasia Cara Mudah Melatih Tosser Bola Voli Agar Sukses

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Tosser

  1. Tosser harus mengenali karakter spiker karena hal itu wajib diketahui disaat anda mengumpan bola kepada spiker mengetahui maksudya dan akan terjalin kerjasama yang baik. 
  2. Tosser harus bisa membaca situasi pertandingan,kalau anda bisa membaca musuh dipastikan umpan anda bisa mengecoh para blocking dari musuh anda. 
  3. Tosser harus memanjakan para spiker dengan umpan yang mantap 
  4. Tosser harus mampu berpikir cepat saat menyerang dan bertahan 
  5. Tosser harus mempunyai timing yang bagus Kalau kriteria-kriteria diatas sudah anda kuasai dipastikan dalam permain bola voli anda akan memegang kendali.

Selain yang saya sebutkan diatas,untuk seorang tosser harus menguasai passing atas dan passing bawah yang bagus.Mengapa bisa begitu?pada saat musuh melkukan servis tidak mungkin pengambilan passing dari libero enak terus,pasti sesekali bola yang sulit diambil dengan passing atas.Oleh sebab itu anda harus mengambil dengan passing bawah. Dalam mengumpan tidak passing atas aja yang bagus passing bawah juga diperlukan disaat mengambil bola sulit. Kali ini Volleyball Nusantara akan memberikan tips melatih tosser atau setter dalam bola voli. 

Tips Melatih Tosser Bola Voli


1.Pemanasan


Sebelum anda latihan usahakan untuk selalu pemanasan,bukan hanya untuk latihan ini semua bentuk latihan olah raga hal pertama yang harus dilakukan adalah pemanasan secara statis dan dinamis untuk menanggulangi terjadinya cidera. 

2.Latian Passing


Untuk melatih passing bawah anda bisa melatihnya sendiri dengan tehnik-tehnik yang benar,kemaren saya sudah memberikan cara melatih passing bawah Untuk melatih passing atas anda harus sering berlatih dengan menggunakan bola basket,gunanaya pada saat saat menggunakan bola voli akan terasa ringan,dan anda harus sering pus-up dengan posisi jari-jari tangan seperti kaya orang nyakar.Lakukanlah sekuat anda semakin lama semakin baik 

3.Latian Menggunakan Beban


Ajaklah seorang teman untuk mengoper sebuah bola basket,tapi posisi anda saat menerima sambil tidur,setelah bola diberikan passing atas kearah atas,lakukanlah sebuah kombinasi anda juga bisa membuang bola dengan kearah depan maupun belakang. 

4.Latian Bersama Teman


Nah kalu sekarang latihannya menggunakan bola voli beneran,teman berguna untuk mengoperkan berbagai model umpan anda bertugas mengoperkan bola tersebut baik kedepan kebelakang maupun bola cepat,itu semua berguna untuk melatih timing anda. 

5.Latian Rutin


Usahakan latihan rutin bersama team anda,supaya anda mengenal karakter-karakter dari spiker anda. Kolaburasi umpan anda adalah penentu kemenangan dari pertandingan. 

Demikianlah tips melatih tosser atao setter dalam bola voli yang dapat Volleyball Nusantara berikan, Setelah memahami diatas segara anda lakukan dan rasakan perbedaannya.Untuk menambah wawasan anda sering-seringlah melihan pertandingan voli profesional lihat tehinik-tehnikya,dan sering baca buku.Semoga bisa bermanfaat.Terima Kasih

0 Response to "Tips dan Rahasia Cara Mudah Melatih Tosser Bola Voli Agar Sukses"

Posting Komentar